ama-nama PO pioner bus malam AKAP di P Jawa yg sy bg menjadi 3 periode:
1.Periode 1964-1976.
a.ELTEHA,mulai beroperasi medio april 1964,armada MB 0302 (C B U Body Germany,rear engine,monoque body)ex lelang bus kontingen Asian Games 1962/Ganefo,inilah bus mlm AKAP pertama kali di IND terakhir beroperasi 1981,skrng fokus di Paket Kilat.
b.INTRAS,armada sm dng ELTEHA,terakhir operasi 1970.
c.GAYA BARU,armada HINO BT(C B U Body Japan),terakhir operasi 1971.
d.BHUMYAMCA,armada D A F(C B U Body Nederland),terakhir operasi 1970.
e.GAMADI,armada FIAT karoseri Telaga Herang Bogor(ini pembuat body bus lokal steel pertama,stlah Superior Coach),terakhir operasi 1971.
f.HUBHA,armada MB LP 911 karoseri Telaga Herang,terakhir operasi 1976.
g.TANJUNG BERSAMA,armada MB LP 911 karoseri Neglasari,terakhir operasi 1973.
h.PRANA,armada HINO BT karoseri Telaga Herang terakhir operasi 1976.
i.JAYA,armada DODGE PERKINS karoseri Neglasari terakhir operasi 1975.
j.KOBAME,armada MB LP 911 karoseri Neglasari terakhir operasi 1976.
k.TASIMA,armada awal MB LP 911 karoseri Neglasari skrng msh eksis
l.GARUDA,armada awal MB LP 911 karoseri Neglasari skrng msh eksis
m.TRIAS,armada MB 0306 C B U Body Germany ex lelang PATA 1974,ini bus mlm AKAP pertama ber AC line Jkt-Srby kompetitor satu-satunya K A BIMA,terakhir operasi 1976.
n.ORIENTAL MARATHON,armada FORD R SERIES karoseri Indah HM,terakhir operasi 1976.
o.INDONESIA,armada FORD R SERIES C B U Body METSEC England,terakhir operasi 1974.
p.ARIESTIKA armada STEYR karoseri Neglasari,terakhir operasi 1981.
q.AGUNG BHAKTI armada awal MB LP 911 karoseri Neglasari skrng msh eksis di bus kota.
r.DAMRI armada awal MITSUBHISI FUSO T 653 C B U Body Japan skrng msh eksis
s.APOLLO.armada awal FORD R SERIES karoseri Neglasari ini bus mlm AKAP pertama yg mengusung TV Black&White didlm armadanya,skrng msh eksis di Patas AC line Smg-Solo.
t.MUNCUL armada awal FORD R SERIES METSEC Body,pd 1976 adalah PO pertama yg menggunakan MB OF 1113 pertama di Ind,skrng msh eksis
u.BISMA armada FORD R SERIES karoseri Indah HM,skrng menjadi PO TRI MULIA.
v.SOLO EXPRESS armada MB LP 911 karoseri Neglasari terakhir operasi 1973
w.KUMBUL armada DODGE PERKIN karoseri Superior terakhir operasi 1972.
x.MRISIH armada DODGE PERKIN karoseri RS terakhir operasi 1972.
y.DARYONO armada I H karoseri Superior terakhir operasi 1975.
z.PRINGGODANI armada FORD R SERIES karoseri Telaga Herang terakhir operasi 1971.
PO Aladdin berdiri taun 60an sampe sekarang msh jalan, garasi di ciamis
BalasHapusBetulll, PO. ALADDIN untuk sampai periode Januari 2013, yang masih eksis adalah jurusan Tasik-Kuningan-Cirebon-Semarang AC Ekonomi. Tiap hari suka lihat di depan ex-Terminal Cirendang Kuningan. Tapi armada yang sekarang ngeline ke Semarang tidak lagi menggunakan bus besar seperti MB dan Hino, tapi sudah diganti dengan Bus 3/4 Mitsubishi.
BalasHapusSeingat saya di periode 68 - 74 sekitar itu ada juga
BalasHapusPO Agung Express garasinya di Semarang, armadanya sama dengan Elteha detailnya kalau gak salah ditangani KOABRI Semarang.
Selanjutnya ada juga Pemuda Express logonya gambar "ANAK MUDA PAKAI IKAT KEPALA / MAHKOTA LARI SAMBIL MEMBAWA OBOR, PERSIS SEPERTI BENTUK PATUNG HARMONI"
PO Aladdin itu tergolong bus bumel bukan bus malam AKAP
BalasHapusagan..Satu satunya penggemar yg bisa mengingatkan masa umur syah baru 4 tahun...bapak sy bilang kita naek bus oriental ...ke pacitan via solo...tahun 1973
BalasHapusBus orienthal warnanya merah ...tdk tahu mesinnya pake apa...selama perjalanan bus aku lebih banyak tidak tidurnya...maklum perjalanan sangat jauh untuk ukuran anak kecil..aku hanya berdua dgn bapak ku...tujuannya pun aku tidak tahu mau kemana pada saat itu.. Aku hanya mau ikut kemanapun bapakku pergi....ternyata perjalanannya dari jakarta ke pacitan...yg menghabiskan waktu 27 jam...jakarta solo 20 jam... solo pacitan 7 jam ...itulah perjalanan jauhku pertama thn 1973...aku sampe sekarang belum punya anak....sekarang kebalik bapakku Umur 70 kaya aku masih kecil dulu...minta jalan2 ke pacitan sama aku...sudah aku laksanakan beberapa kali...
BalasHapusAgan fahmi bener bener hebat...nama bus malam yg Pulau jawa 1 diatas memang ada..dan sudah sebagaian telah punah... masih ada yg ketinggalan 2 bus malam....Dian semesta alam... Pake MB keliatannya OF 1113....bus ini ngebut ....aku naek Bogor Jaya ..iring iring an 2 bus ...di blong Dian semesta alam di cirebon thn 1987 jam 2 malam...Bus Limas Limex bogor ...punya bus malam Jakarta Jogja atau Solo ...seperti Bus Garuda Bogor kompetitornya..
BalasHapusUntuk bus malam Gaya Baru saya msih naik bus itu ke jakarta di tahun 75. Bus Gamadi juga masih hidup di tahun 75 karena ada yg membawa ke desa saya di taun 75. Tengkyu.
BalasHapusKalau tidak salah ini dulu catatan dari Pak Handoko di laman bus-indonesia.com
BalasHapusRemaja Ekspress, OBL, Kembang Ekspres, Pemudi Ekspres, Bhayangkara,Bumi Nusantara, itu tahun 70an masih merajai jalanan di pulau Jawa
BalasHapusSaya th76 masih naik bis Bhumyamca dari Malang ke Jaķarta turun di Lapangan banteng.
BalasHapus